Minggu, 05 November 2017


Nama: Zahrannisa Kurnia Putri
NPM: 1C514634
Kelas: 4PA10

Elemen dan Karakteristik Psikologi

untuk membangun sistem informasi psikologi,kita perlu menyiapkan kebutuhan untuk elemen dan karakteristik yang dibangun.

A.Elemen sistem

  • sistem adalah dua atau lebih komponen atau subsistem yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama.
  • tujuan sistem harus mengarah ke satu atau beberapa tujuan.apakah subsistem dapat memberikan ukuran waktu,daya listrik atau informasi.sistem tersebut harus mengarah ke suatu tujuan.jika sebuah sistem tidak mengarah ke sebuah tujuan maka sistem ini harus diganti.
  • mekanisme kontrol
  1. input merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam suatu sistem,input dapat berupa energi,manusia,data,modal,bahan baku,layanan dan lainya.input merupakan pemicu bagi sistem untuk melakukan proses yang diperlukan.
  2. Proses adalah perubahan dari input menjadi output. Proses ini mungkin dilakukan oleh, mesin, orang, atau komputer. Kombinasi input serta urutan yang berbeda untuk menghasilkan output yang bermacam-macam menjadikan proses itu sangat kompleks. Proses mungkin berupa perakitan yang menghasilkan satu macam output dari berbagai macam input yang disusun berdasarkan aturan tertentu.
  3. Output merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem
B.karakteristik sistem
 Berikut adalah karakteristik sistem yang dapat membedakan suatu sistem dengan sistem lainnya:

  • Batasan (boundary) adalah penggambaran dari suatu elemen atau unsur mana yang yang termasuk di dalam sistem dan mana yang di luar sistem.
  • Lingkungan (environment) adalah segala sesutau di luar sistem, lingkungan yang menyediakan asumsi, kendala, dan input terhadap suatu sistem.
  • Masukan (input) adalah sumber daya (data, bahan baku, peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem.
  • Keluaran (output) adalah sumber daya atau produk (informasi, laporan, dokumen, tampilan layer computer, barang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan dalam suatu sistem.
  • Komponen (component) adalah kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output)
  • Penghubung (interface) adalah tempat dimana komponen atau sistem dan lingkuhngannya bertemu atau berinteraksi.
  • Penyimpanan (storage) adalah area yang dikuasai dan digunakan untuk penyimpanan sementara dan tetap dari informasi, energi, bahan baku, dan sebagainya
C.model sistem informasi psikologi
SPSS adalah suatu program komputer statistik yang mampu memproses data statistik secara cepat dan tepat, menjadi berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan (Santoso, 2003). Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan ke dalam SPSS berbentuk data kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu dalam bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam melakukan penelitian, jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Demi memperoleh hasil yang akurat, diperlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Data responden nantinya akan diolah namun tidak secara manual untuk menghindari hasil yang tidak akurat, pembuangan energi dalam pelaksanaanya, terjadinya kelelahan, dsb. Dengan SPSS, berbagai masalah yang muncul jika diolah secara manual dapat teratasi.


kesimpulan
a. jadi untuk mengetahui dan memahami tentang elemen dan sistem informasi terlebih dahulu harus dilihat dari segi tujuan sistem itu dibuat,dan komponen yang membentuk sistem tersebut.
b.memiliki keterangan kontrol yang baik dan teratur dalam penyusunan struktur komponen pembentuk elemen sistem.
c.dalam sistem pengontrolan melewati tiga tahapan input,proses dan ouput
d.karakteristik sistem memiliki tahapan-tahapan yang dapat membedakan dari sistem lainya(batasan,lingkungan,masukkan,keluaran,komponen,penghubung,penyimpanan)
e.menentukan sistem yang akan digunakan dengan mengunakan aplikasi SPSS dengan statistik yang mampu memproses data statistik dengan cepat.

jadi untuk mengetahui dan memahami tentang elemen dan sistem informasi terlebih dahulu harus dilihat dari segi tujuan sistem itu dibuat,dan komponen yang membentuk sistem tersebut.memiliki keterangan kontrol yang baik dan teratur dalam penyusunan struktur komponen pembentuk elemen sistem.dalam sistem pengontrolan melewati tiga tahapan input,proses dan ouput.dalam sistem pengontrolan melewati tiga tahapan input,proses dan ouput.karakteristik sistem memiliki tahapan-tahapan yang dapat membedakan dari sistem lainya(batasan,lingkungan,masukkan,keluaran,komponen,penghubung,penyimpanan).menentukan sistem yang akan digunakan dengan mengunakan aplikasi SPSS dengan statistik yang mampu memproses data statistik dengan cepat. 

DAFTAR PUSTAKA
Djahir. Y., Pratita, D.  (2014). Bahan ajar sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI.
Hall. J.A. (2007). Sistem informasi akuntasi. Jakarta: Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar