Sabtu, 01 Oktober 2016

NAMA : ZAHRANNISA KURNIA PUTRI
KELAS : 3PA10
NPM : 1C514634
PSIKOLOGI MANAJEMEN

TUGAS 2
STRUKTUR ORGANISASI PT. SINAR SOSRO




  





Ø MANAGER PRODUKSI : usaha untuk mengatur atau mengkoordinasi suatu kegiatan produksi agar menghasilkan hasil produksi yang berkualitas dan sesuai dengan standard organisasi dalam jangka waktu dan jumlah tertentu. Dalam manajemen produksi, konteks-nya adalah pengambilan keputusan yang dilakukan oleh tim manajemen produksi dalam sebuah organisasi untuk menghasilkan produk sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut.
Ø MANAGER QUALITY  : aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. 
Ø MANAGER KEPALA BAGIAN PB&PI : seorang pemimpin yang betanggungjawab mengatur semua kegiatan produksi dan memastikan barang yang di produksi sesuai dengan standar produksi.
Ø MANAGER LOGISTIK : seorang pemimpin yang mengatur semua kegiatan pengadaan , pengiriman barang serta biaya transportasi dan kesediaan alat transportasi untuk mengirim barang tersebut. Dan bertanggungjawab atas barang-barang yang tersimpan pada area logistic.
 
Ø MANAGER PERSONALIA : suatu perencanaan,pembagian kompensasi, penginterprestasian, pengembangan,  serta pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk dapat membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan, individu dan juga masyarakat
 
Ø MANAGER KEUANGAN : suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
 
Ø MANAGER PURCHASING : untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas pasokan material dan juga mengurangi biaya-biaya terkaitnya sehingga biaya pembuatan barang jadi dan ditekan seminimal mungkin.



JOB DESK

1. MANAGER PRODUKSI :

  1. v Melakukan perencanaan dan pengorganisasian jadwal produksi
  2. v Menentukan standar kontrol kualitas produk
  3. v Mengawasi proses produksi
  4. v Mengorganisir perbaikan dan pemeliharaan rutin peralatan produksi
  5. v Mengawasi pekerjaan staf junior
  6. v Menilai kelayakan proyek
  7. v Mengelola pemesanan dan pembelian bahan baku produksi
  8. v Menjadi penghubung dengan pembeli, pasar dan staf penjualan
  9. v Memperkirakan serta melakukan negosiasi rentang waktu dengan klien dan manajer dalam hal yang berkaitan dengan proses produksi



2. MANAGER QUALITY :

  1. v Menyusun usulan pemecahan masalah yang terkait dengan kualitas proses dan hasil produksi
  2. v Menjalankan tugas-tugas QC lainnya dalam upaya pencapaian target sales perusahaan
  3. v Menganalisa permasalahan yang timbul pada kualitas proses dan hasil produksi
  4. v Menyusun dan menyiapkan dokumen-dokumen QC dan data produksi
  5. v Memonitor kualitas material serta hasil produksi dengan perbandingan kualitas standar
  6. v Melakukan pemeriksaan terhadap jalannya proses produksi untuk memastikan kesesuaian prosedur



3. MANAGER KEPALA BAGIAN :

v Mengawasi semua kegiatan baik produksi maupun quality dan memastikan kegiatan produksi tersebut lancar.
v Menilai kelayakan proyek
v Mengelola pemesanan dan pembelian bahan baku produksi
v Menjadi penghubung dengan pembeli, pasar dan staf penjualan
v Memperkirakan serta melakukan negosiasi rentang waktu dengan klien


4. MANAGER LOGISTIK :

  1. v gerakan yang efektif efisien dan biaya dan penyimpanan barang dan mengkonfigurasi jaringan distribusi yang sesuai
  2. v pesanan Koordinasi penawaran dan permintaan dan informasi yang terkait dengan siklus pesanan
  3. v Pemantauan kinerja dan strategi untuk meningkatkan sistem yang ada
  4. v Mengalokasikan sumber daya yang tersedia
  5. v Mengkoordinasikan semua kegiatan untuk mencapai biaya terendah logistik Seorang manajer logistik adalah kepentingan khusus untuk logistik penyedia jasa




5. MANAGER PERSONALIA :

  1. v Membuat anggaran tenaga kerja yang diperlukan;
  2. v Membuat job analysis, job description, dan job spesification;
  3. v Menentukan dan memberikan sumber-sumber tenaga kerja;
  4. v Mengurus dan mengembangkan proses pendidikan dan pendidik;
  5. v Mengurus seleksi tenaga kerja
  6. v Mengurus soal-soal pemberhentian (pensiun);
  7. v Mengurus soal-soal kesejahteraan




6. MANAGER KEUANGAN :

  1. v Manajer Keuangan bekerja sama dengan manajer lain, bertugas merencanakan dan meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perpencanaan umum keuangan perusahaan
  2. v Manajer keuangan bertugas mengambil keputusan penting investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut
  3. v Manajer keuangan bertugas dalam menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan seefisien mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya
  4. v Manajer keuangan bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan sehingga bisa mendapatkan dana dan memperdagangkan surat berharga perusahaan






7. MANAGER PURCHASING :

  1. v Membuat laporan pembelian & pengeluaran barang ( inventory,material dll )
  2. v Melakukan pengelolaan pengadaan barang melalui perencanaan secara sistematis dan terkontrol ( FIFO atau ERP/ MRP )
  3. v Melakukan pemilihan / seleksi rekanan pengadaan sesuai kriteria perusahaan
  4. v Bekerjasama dengan departemen terkait untuk memastikan kelancaran operasional perusahaan
  5. v Memastikan kesedian barang/material melalui mekanisme audit / cotrol stock dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar